Hosting Unlimited Indonesia

Tips Melakukan COD Agar Lebih Aman


Hallo mas/mbak....Buat yang sudah gabung di forum jual beli pasti nggak asing lagi dengan istilah COD. Biasanya istilah COD sering muncul dalam percakapan di suatu forum jual beli.
COD (Cash On Delivery) adalah transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli di suatu tempat tertentu dan pada waktu tertentu sesuai kesepakatan. Kurang lebih artinya begitu, atau bisa dibilang ada uang ada barang. Jadi, calon pembelinya membayar uang kalau sudah melihat barang yang dijual dan sudah merasa cocok.

Biasanya calon penjual dan pembeli melakukan tawar-menawar harga barang saat di forum jual beli.
Setelah tercapai kesepakatan barulah kedua belah pihak menentukan tempat untuk melakukan transaksi atau istilah kerenya COD.
Pada umumnya proses COD dilakukan dengan cara ketemuan langsung atau face to face. Hal ini menjadi kesempatan bagi oknum-oknum nakal yang ingin melakukan penipuan bahkan tindakan kejahatan lainnya.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, di sini saya akan berbagi tips melakukan COD yang aman.
Setidaknya untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan.
Berikut ini adalah tipsnya :

1. Jangan Pergi Sendirian
 Ingat nggak sama pesan Bang Napi "Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi karena juga ada kesempatan". Maka ajaklah teman atau saudara kita  untuk menemani. Dengan adanya teman kan bisa jadi saksi saat transaksi, dan juga bisa membantu kita kalau terjadi sesuatu yang tidak beres pada saat COD.

2. Ajaklah Ketemuan Di Tempat Aman
Saat menentukan tempat ketemuan, pilihlah tempat yang menurut kita aman. Contohnya Indomaret, alfamart, restoran, atau tempat-tempat lain. Pokoknya cari tempat yang kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita mudah untuk minta tolong.

3. Pilih Waktu Ketemuan yang Tepat 
Tentukan waktu ketemuan yang tepat misalnya pada pagi atau siang hari. Kalau terpaksanya ketemuan pada malam hari, usahakan jangan lebih dari jam 9 malam.

4. Cek Kondisi Barang  
Bila kita sebagai calon pembeli, cek dengan teliti kondisi barang yang akan kita beli.
Misalnya barangnya berupa hp maka kita bisa cek kondisi serta kelengkapannya. Jangan sungkan untuk bertanya secara detail.

5. Cek Jumlah Uang
Bila kita sebagai calon pembeli, maka sebelum meninggalkan tempat jangan lupa untuk mengecek jumlah uangnya. Kalau uangnya kurang kan langsung bisa minta sama yang beli. Jangan sampai pas udah sampai rumah baru nyadar kalau uangnya kurang.

6. Tanya Identitas 
Sambil ngobrol-ngobrol, nggak ada salahnya kan kalau kita menanyakan identitas tentang calon pembeli/penjual yang sedang kita ajak bertransaksi. Minimal kita tahu nama dan alamatnya.

Itulah tadi sekedar tips melakukan COD versi saya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Dapatkan pemberitahuan gratis melalui email:

0 Response to "Tips Melakukan COD Agar Lebih Aman"

Posting Komentar