Tips Aman Bertransaksi Menggunakan ATM

http://www.pordjoland.com/2016/02/tips-aman-bertransaksi-menggunakan-atm.html
Hallo mas/mbak....Pada postingan ini kita akan membahas dan berbagi tips untuk keamanan bertransaksi menggunakan ATM. Sebelum sampai ke tipsnya, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai ATM.

Menurut yang saya baca pada wikipedia, ATM dalam bahasa Indonesia artinya Anjungan Tunai Mandiri atau kalau dalam bahasa Inggrisnya Automated Teller Machine. ATM adalah sebuah alat elektronik  yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.

Keberadaan  ATM memang memberi kemudahan, namun bila kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya malah bisa menimbulkan kerugian. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian kita sendiri atau karena memang dari tindak kejahatan para  cybercrime.

Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips bertransaksi menggunakan ATM supaya aman :

1. Jangan Menggunakan Mesin ATM yang Sepi Pengunjung
Hal ini untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan. Soalnya sekarang banyak terjadi modus kejahatan melalui mesin ATM.
Kalau bisa sih cari mesin ATM yang ada satpamnya, biar kalau ada apa-apa kan bisa cepet minta tolongnya.

2. Tutup Area Keyboard Saat Memasukkan PIN
Saat memasukkan PIN sebaiknya Anda menutupnya dengan telapak tangan Anda yang satunya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kerahasiaan PIN Anda dari orang lain.

3. Teliti Kembali Nomor Rekening Tujuan Transfer
Saat melakukan transfer uang kita harus teliti kembali apakah nomor rekening tujuan transfer sudah benar. Cek kembali apakah nama pemilik rekening tujuan transfer sudah benar.

4. Segera Lapor Satpam Jika Kartu Anda Tertelan Pada Mesin ATM
Inilah gunanya kenapa disarankan untuk bertransaksi pada mesin ATM yang ada satpamnya. Segera lapor kepada satpam yang berjaga apabila kartu Anda tertelan pada mesin ATM. Soalnya sekarang lagi marak tindak kejahatan dengan modus telan kartu ATM.

5. Jangan Mencatat PIN ATM di Handphone
Demi keamanan, usahakan jangan mencatat PIN ATM di handphone, cukup diapalin aja.
Jangan dibiasakan mencatat nomor PIN atau password penting lainnya di handphone karena itu  berbahaya.

6. Gantilah PIN ATM Anda Secara Berkala (Bila Perlu)
Buat Anda yang nggak mau ribet, sebenarnya cara ini nggak harus dilakukan. Yang  penting jaga kerahasiaan PIN Anda jangan sampai orang lain tau.

Itulah sekedar berbagi tips keamanan bertransaksi menggunakan ATM. Memang modus kejahatan jaman sekarang bermacam-macam.
Kita dituntut harus selalu berhati-hati dimanapun dan kapanpun agar terhindar dari tindak kejahatan.
Buat mas/mbak yang mau menambahkan silahkan bisa melalui komentar.
Terima Kasih.....!

Dapatkan pemberitahuan gratis melalui email:

0 Response to "Tips Aman Bertransaksi Menggunakan ATM"

Post a Comment