Hosting Unlimited Indonesia

Bedug Terbesar di Dunia Cuma Ada di Purworejo

Halo mas/mbak.....Bicara soal bedug, bagi yang belum tau apa itu bedug. Mari kita simak bersama-sama ulasan tentang bedug dibawah ini.
Bedug adalah sebuah benda berbentuk seperti gendang tetapi lebi besar ukurannya. Bedug biasanya terbuat dari sepotong batang kayu besar yang bagian tengahnya di beri lubang sehingga berbentuk tabung. Ujung batangnya ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran.

Bedug merupakan alat musik tabuh yang digunakan pada instrumen musik tradisional. Salahsatu contohnya yaitu pada musik pengiring Tari Dolalak yang ada di purworejo.
Tapi bedug lebih umum digunakan sebagai penanda  waktu solat untuk umat islam. Biasanya bedug dibunyikan sebelum adzan  dikumandangkan.

Kembali lagi ke topik utama, kita akan membahas tentang bedug  terbesar di dunia.
Patut berbangga buat warga Purworejo karna punya bedug terbesar di dunia.
Bedug Kyai Bagelen atau Bedug Pendowo itulah nama dari bedug tersebut. Bedug ini terdapat di Masjid Kauman sebelah barat alun-alun kota Purworejo. Bedug ini dibuat pada masa pemerintahan Bupati Purworejo pertama bernama Raden Cokronegoro I. Umur bedug ini sudah hampir dua abad.

Bedug Kyai Bagelen atau Bedug Pendowo dibuat dari pohon jati terbesar pada waktu itu. Pohon jati yang digunakan juga bukan pohon jati sembarangan, pohon jati yang digunakan sangat unik yaitu
pohon jati yang mempunyai cabang lima maka disebut pohon jati Pandowo.

Bedug Kyai Bagelen atau Bedug Pendowo dibuat dengan batang pohon jati utuh tanp sambungan.
Dengan ukuran panjang sekitar 282 cm, diameter bedug pada sisi bagian depan berukuran 194 cm dan diameter bedug pada sisi bagian belakang berukuran 180 cm.
Untuk keliling sisi bagian depan bedug berukuran 601 cm dan untuk keliling sisi bagian belakang bedug berukuran 564 cm. Dengan jumlah paku bagian depan sebanyak 120 buah dan jumlah paku bagian belakang sebanya 98 buah. Lulangnya atau bagian penutup bedug pada sisi lingkaran bagian depan dan belakang menggunakan kulit banteng.

Demikianlah ulasan mengenai bedug terbesar di dunia yang berada di Purworejo.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih.

Dapatkan pemberitahuan gratis melalui email:

0 Response to "Bedug Terbesar di Dunia Cuma Ada di Purworejo"

Posting Komentar