Hosting Unlimited Indonesia

Wisata Budaya Museum Tosan Aji di Purworejo

http://www.pordjoland.com/2015/08/wisata-budaya-museum-tosan-aji-di.html

Halo mas/mbak....Di Purworejo ada sebuah museum yang berisi tentang benda-benda pusaka peninggalan nenek moyang. Nama museum itu  adalah Museum Tosan Aji. Di dalamnya terdapat berbagai macam benda pusaka seperti Keris, Pedang, Tombak, Kujang/Kudi, Cundrik, Granggang yang berasal dari masa Kerajaan Pajajaran sampai sekarang.

Lokasi museum Tosan Aji terletak di sebelah selatan alun-alun Purworejo. Akses munuju museum juga sangat mudah karena letaknya yang berada di pusat kota. Jika Anda sedang di Purworejo sempatkanlah untuk mengunjungi  museum Tosan Aji agar kita menjadi lebih tahu tentang sesjarah peninggalan pusaka jaman dahulu sekaligus juga melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Sedikit Sejarah Tentang Museum Tosan Aji 
Awal pendirian Museum Tosan Aji diprakarsai oleh Menteri Dalam Negeri yaitu Bpk. Soepardjo Rustam. Untuk  peresmiannya yaitu diresmikan oleh Gubernur KDH Tingkat I Jawa Tengah  yaitu Bpk. Ismail pada tanggal 13 April 1987.
Pada awalnya Museum Tosan Aji terletak di daerah Kutoarjo tepatnya di Pendopo Kawedanan Kutoarjo.
Pada tanggal 10 Juni 2001  koleksi Museum Tosan Aji dipindahkan ke Purworejo oleh pemerintah kabupaten Purworejo. Lokasinya yaitu di Jln. Mayjend Soetoyo no 10, menempati bangunan bekas Pengadilan Negeri pada jaman Belanda.

Koleksi Museum Tosan Aji  yaitu ada sekitar 1000 bilah benda puusaka yang terdiri dari Keris, Cundrik, dan Granggang yang berasal dari masa Kerajaan Pajajaran hingga sekarang.
Di Museum Tosan Aji terdapat Gamelan Kuno Kyai Cokronegoro. Gamelan ini merupakan pemberian dari Sri Susuhunan Pakubuwono VI kepada bupati Purworejo yang pertama yaitu Cokronegoro I.
Selain itu di Museum Tosan Aji juga terdapat beberapa koleksi diantaranya yaitu berbagai macam Prasasti, Arca, Lingga, Yoni, Fragmen, Lumpang, Guci, Beliung, Batu, Gong, Gerabah, Menhir, dan Fosil.

Museum Tosan Aji buka setiap hari, kecuali hari Minggu dan hari-hari kibur nasional.
Pada hari Senin sampai Kamis buka dari pukul 08.00 - 14.00 WIB.
Pada hari Jumat buka dari pukul 08.00 - 11.00 WIB.
Pada hari Sabtu buka dari pukul 08.00 - 12.30 WIB.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai tempat wisata budaya di Purworejo. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.



Dapatkan pemberitahuan gratis melalui email:

0 Response to "Wisata Budaya Museum Tosan Aji di Purworejo"

Posting Komentar