Hosting Unlimited Indonesia

Benteng Pendem di Purworejo Merupakan Peninggalan Jepang

Benteng Pendem di Purworejo merupakan salah satu peninggalan sejarah yang wajib kita lestarikan. Benteng ini di bangun pada tahun 1945 atas permintaan tentara Jepang pada masa itu.
Benteng Pendem ini digunakan oleh tentara Jepang untuk pertahanan dan juga pengintaian.

Foto : Sarwono

Sesuai dengan namanya, Benteng Pendem merupakan benteng yang terpendam. Kata Pendem kalau kalau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan terkubur atau terpendam.
Jadi tidak heran kalau bentengnya tidak tinggi menjulang seperti benteng-benteng pada umumnya.

Dibalik pembangunan Benteng Pendem ini banyak menyimpan cerita tragis diantaranya yaitu pembangunan yang menggunakan tenaga dari beberapa masyarakat desa sekitar benteng yang dibayar dengan upah murah. Karena dalam pembangunan itu masih kekurangan tenaga kerja, akhirnya tentara Jepang menambah tenaga dari luar daerah untuk dijadikan sebagai pekerja paksa. Dan itu berlangsung hingga pembangunan benteng slesai.

Benteng Pendem ini terletak di daerah perbukitan Dukuh Kaliwaru , Dusun Bapangsari Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo. Konon menurut sejarah benteng ini jumlahnya ada 29 buah, tapi yang nampak disini hanya beberapa buah saja. Entah yang lainnya masih terkubur ataukah memang sudah tidak ada lagi.

Buat yang mau berkunjung ke Benteng Pendem disarankan agar membawa kendaraan roda 2 saja. Karena lokasi yang jauh dari jalan raya dan melewati jalan setapak, maka kalau pake mobil mungkin akan sulit kali ya....?
Jangan ragu untuk bertanya pada penduduk setempat tentang lokasinya karena disini nggak ada penunjuk arah menuju lokasi, syukur-syukur nanti kalau diantar sampai tujuan.

Tapi buat sebagian orang mungkin itu malah menjadi sesuatau yang menarik. Karena tempatnya yang tersembunyi dan masih terkesan alami.
Hal yang sangat disayangkan dari tempat ini yaitu dengan adanya coretan-coretan pada dinding benteng yang merusak pemandangan.

Mungkin jika pemerintah daerah lebih serius dalam mengelola tempat ini. Benteng Pendem ini bisa dijadikan tempat wisata bersejarah yang ada di Purworejo.











Dapatkan pemberitahuan gratis melalui email:

1 Response to "Benteng Pendem di Purworejo Merupakan Peninggalan Jepang"

  1. This article can help be a starting point for the development of local wisdom and culture.

    BalasHapus